Bagi Anda pengguna Macbook tentu harus mulai waspada dengan kehadiran aplikasi Zoom. Aplikasi ini ternyata bisa membuat Anda diintai oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Bahkan orang sekelas Mark Zuckerberg saja merasa adanya aplikasi Zoom bisa membuat dirinya terancam dengan tindak kriminal pengintaian. Itulah mengapa Mark lebih memilih untuk memasang selotip di kamera Macbook miliknya.

pengintaian webcam

Baru-baru ini peneliti keamanan cyber yaitu Jonathan Leitschuh mulai memaparkan tentang cara kerja aplikasi Zoom. Ini adalah salah satu aplikasi yang bisa merusak sistem keamanan di Macbook. Membuka aplikasi ini sama saja membuka celah keamanan yang ada di Macbook. Dalam waktu yang singkat, webcam bisa diakses oleh peretas.

Tentu saja hal ini sangat bahaya terutama jika Anda bekerja di beberapa tempat rahasia seperti Badan Inteligen Negara. Bahkan sebagai staf keuangan di sebuah Bank dan memegang kendali keuangan di tempat kerja tersebut.

“Kerentanan ini dapat berdampak pada lebih dari 750 ribu perusahaan di seluruh dunia yang menggunakan Zoom,”

begitu kata Leitschuh saat diwawancarai oleh reporter. Hal ini tentu membuat resah bagi sebagian orang yang sudah mengerti kekurangan Zoom. Bahkan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, Leitschuh sempat memberitahukan masalah yang terjadi dan melaporkannya pada pihak pemilik aplikasi Zoom.

logo zoom

Tahun 1991 adalah tahun pertama dikembangkannya webcam. Di tahun inilah University of Cambridge menciptakan sebuah perangkat gabungan yang terdiri dari sensor kamera, lensa, dan juga mikrofon yang diberi nama The Trojan Room Coffee Machine. Kemudian, beberapa tahun setelah munculnya The Trojan Room Coffee Machine, muncullah aplikasi FogCam hasil pengembangan dari San Francisco State University.

QuickCam yang selama ini Anda gunakan sebenarnya milik perusahaan Connitex pada tahun 1994 namun setelah empat tahun dirilisnya QuickCam, Logitech berhasil mengakuisisi perusahaan Connitex. Tentu saja ini membuat aplikasi QuickCam semakin menyebar dan bisa digunakan oleh semua Apple Macintosh menggunakan tipe kabel khusus.

“Sangat banyak malware di dunia digital yang memiliki kemampuan mengakses bagian-bagian fisik komputer, yang digunakan untuk mengobservasi dan mendengar pengguna,” bahkan Profesor Alan Woodward yang merupakan salah seorang ahli keamanan dari University of Surrey pernah mengatakannya saat diwawancarai oleh BBC.

Comey juga sempat mengatakan ini “Saya melihat seseorang yang lebih pintar dari saya menutup webcam dengan selotip. Dan saya menirunya,” begitu katanya saat diwawancarai NPR.

dikutip dari beliasuransi.co.id